NasionalPolitik

Komisioner KPU, Peran Media Massa Penting Dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI Ilham Saputra mengatakan, media massa mempunyai peran penting untuk menaikan jumlah partisipasi pemilih dalam Pemilu (pemilihan umum).

Hal itu disampaikan saat menjadi pembicara dalam kegiatan Coffee Morning yang diselenggarakan oleh KPU Sulawesi Utara (Sulut), di Kota Manado, Rabu (19/2/2020).

“Pers berperan besar dalam meningkatkan partisipasi Pemilu,” katanya, dikutip dari antaranews.com.

Ilham menjelaskan, jumlah partisipasi pemilih dalam Pilkada (pemilihan Kepala Daerah) Sulawesi Utara tahun 2018 lalu mencapai angka 85,3 % di atas target nasional 77,5 %.

“Untuk itu, media berperan penting dalam meningkatkan partisipasi pemilih,” jelasnya.

Ilham juga mengarahkan media untuk selalu bertanya ke KPU yang bersangkutan apabila menemukan kejanggalan terkait Pilkada 2020 nanti.

“Kalau ada masalah silahkan konfirmasi kepada KPU Sulut atau KPU Kabupaten, Kota bersangkutan. Ada masalah, isu-isu silahkan bertanya,” ucapnya.

Selanjutnya, Ilham menambahkan, tujuan bertanya adalah untuk menghindari berita-berita yang mengandung unsur kebohongan.

“Untuk membendung hoaks itu, meminta bantuan kepada rekan-rekan pers, untuk konfirmasi kepada KPU sebagai penyelenggara Pemilu terkait dengan isu-isu Pilkada,” lanjutnya.

Pada Pilkada 2020, di Provinsi Sulut akan menyelenggarakan 1 Pemilihan Gubernur (Pilgub), 4 Pemilihan Bupati (Pilbup), dan 3 Pemilihan Walikota (Pilwalkot).

 

Editor: Dawi A.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close