Perikanan

KKP Menebar Ikan Di Sungai Serayu Banjarnegara, Warga Berebut

Bimata, Banjarnegara- Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menebar ikan di aliran sungai Serayu, Desa Kutayasa, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara. Total ikan yang dilepas sebanyak 203 ribu benih ikan yang terdiri dari ikan nilem, baung, dan calon induk udang galah. 

Melihat petugas KKP melepas benih ikan warga sekitar berbondong-bondong mendekat dan mencoba menangkap benih ikan yang dilepas oleh petugas KKP. Namun, usaha warga mendapat teguran dari petugas karena benih ikan yang dilepas tidak untuk ditangkap, tapi dibiarkan terlebih dahulu karena spesies tersebut sudah jarang ada di aliran sungai Selaru. 

Direktur Jenderal (Dirjen) Perikanan Budidaya Kementerian Kelautan dan Perikanan, Slamet Subiakto, mengatakan penebaran benih ikan adalah salah satu cara untuk menjaga kelestarian sungai. Apalagi ikan yang habitatnya di Sungai Serayu sudah langka.

“Seperti ikan baung, lele lokal, udang galah ini sudah jarang ditemui. Makanya kami rutin untuk menebar benih ikan di Sungai Serayu,” ujarnya usai penebaran benih ikan 

disisi lain juga, ia berharap ada peraturan daerah (Perda) yang mengatur perihal kelestarian sungai. Misalnya dilarang menangkap benih ikan atau ikan yang sedang bertelur. 

 “Kami menyarankan dibuatkan perda. Jadi bisa mengatur terkait larangan tidak boleh menangkap ikan yang bertelur, benih ikan. Jadi yang ditangkap ikan siap konsumsi. Tetapi jangan menggunakan potas atau listrik, ini juga berbahaya bagi kelestarian ikan,” jelasnya.

 

Editor: F. Ikbar

Facebook Comments

Tulisan terkait

Bimata
Close