GawaiInovasiPeranti

Jepang Ciptakan Smartphone Dengan Kamera Tidak Bisa Memotret Objek Telanjang

Negeri Sakura tidak hentinya menghadirkan inovasi yang tak hanya canggih tapi juga unik untuk produk-produk elektronik. Baru-baru ini muncul Tone Mobile yang menjadi perhatian karena meluncurkan ponsel dengan fitur tak seperti biasa.

Produsen gadget ini menciptakan Tone e20, smartphone pertama di dunia yang ‘melarang’ penggunanya memotret foto-foto yang tidak senonoh. Termasuk di dalamnya foto telanjang atau seksi.

Smartphone ini menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) untuk mencegah pengguna memakai fitur kamera memotret objek yang sedang telanjang. Baik itu foto mereka sendiri maupun orang lain.

Tone e20 juga dilengkapi fitur yang dapat menghubungkan ke perangkat ponsel atau gadget lainnya, dan memberitahu pengguna ketika perangkat tersebut memotret foto tak senonoh. Smartphone ini pun jadi pilihan banyak orangtua yang ingin melindungi anak-anak mereka dari predator seks maupun pedofil.

Fitur utama dari Tone e20 ini diberi nama Smartphone Protection. Ketika seseorang atau penggunanya sendiri memotret sebuah objek, ponsel akan menggunakan algoritma untuk memproses apakah foto tersebut menampilkan orang telanjang atau tidak. Jika terdeteksi ada objek yang telanjang maka foto tersebut tidak akan bisa tersimpan di galeri.

Namun fitur tersebut hanya ditanamkan pada kamera smartphone. Sehingga jika penggunanya mengunduh foto-foto seksi dari internet atau ponsel orang lain, AI tidak akan bisa mendeteksinya.

Terlepas dari fitur yang cukup unik, Tone e20 hanyalah ponsel dengan fitur standard. Seperti dikutip dari Oddity Central, Tone e20 memiliki fitur basic seperti 4GB RAM dan 64GB penyimpanan. Layarnya berukuran 6.2 inch dengan HD+ IPS LCD panel. Ponsel ini dibanderol dengan harga Rp 2,5 jutaan dan hanya dijual di Jepang. Tertarik?

 

Sumber: detik.com
Editor: Dony R.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close