Info Sains

Ikan Pari Berwarna Pink Ditemukan Di Australia

Ikan pari tentu sudah tidak asing lagi di lihat di perairan pantai atau laut, karena ikan pari ini terdapat hampir di seluruh dunia. Ikan Pari merupakan jenis ikan yang berbentuk pipih serta mempunyai sirip dada yang lebar dan bentuk ekor kecil berbentuk cemeti atau cambuk

Jika ikan pari pada umumnya berwarna gelap seperti kebanyakan spesiesnya, pari manta yang ditemui di Great Barrier Reef, Australia itu justru berwarna merah muda alias pink.

Kristian Laine seorang fotografer pergi ke Great Barrier Reef untuk memotret fauna laut, seperti kura-kura, hiu, dan tentu saja pari manta. Namun ia sama sekali tak menyangka jika ia bakal menemukan hal di luar dugaan, yakni ikan pari manta berwarna pink.

“Saya belum pernah mendengar ada manta merah muda dan ketika saya melihatnya, saya pikir kamera saya sedang bermasalah,” katanya seperti dikutip dari Science Alert, Selasa (18/2/2020).

Sebelumnya ia sempat melihat foto manta merah muda di papan pengumuman sebuah restoran.

Namun ia tak menggubrisnya dan mengira itu hanya gambar iseng belaka. Sehingga, ketika Laine menemui manta pink, ia pun mengaku takjub dengan apa yang dilihatnya.

“Saya terpana dan tak tak percaya betapa langka momen yang saya alami,” ungkapnya.

Ikan pari manta merah muda (Mobula alfredi) pertama kali terlihat pada tahun 2015.
Penyelam Ryan Jeffry berhasil mengabadikan ikan tersebut saat menyelam. Manta pink itu diketahui berukuran sekitar 3,3 meter dan diberi nama Inspector Clouseau.

Sejak kemunculan pertamanya itu, manta merah muda masih menjadi spesies yang sulit dipahami. Bahkan penduduk setempat hanya berhasil melihat penampakannya sekitar 10 kali saja.

Peneliti dari Project Manta masih melakukan penelitian dari ikan pari merah muda ini, termasuk soal bagaimana manta bisa memiliki tubuh berwarna pink.

Peneliti sendiri sudah sempat mengambil biopsi kecil pada 2016 untuk mengetahui lebih banyak lagi mengenai spesies ini.

“Belum ada penyelidikan menyeluruh terhadap diet atau analisis isotop. Namun mengingat stabilitas warna merah muda dari waktu ke waktu, kami pikir diet bukanlah faktor yang menyebabkan manta berwarna pink,” kata Asia Haines, ahli ekologi dari Project Manta.

Lebih lanjut, Haines berteori bisa saja ikan pari manta merupakan sebuah tanda melanin yang berbeda dan sangat unik, meski memang harus dikonfirmasi lagi.

 

Sumber : kompas.com
Editor   : WS

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close