Info SainsInovasi

Cara Baru untuk Hasilkan Bahan Bakar Hidrogen

Hidrogen merupakan bahan bakar yang sempurna, yang dapat diekstraksi dari air dan udara. Pada proses kimia untuk melepaskan hidrogen dari air dan udara, diperlukan sebuah katalis. Hidrogen menghasilkan pembakaran yang bersih dan efisien

Material yang dapat berperan menjadi katalis pada proses tersebut antara lain platinum atau molybdenum. Namun, keduanya merupakan material mahal.

Peneliti Rusia menemukan cara baru untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam penelitian yang terbit di jurnal Nanomaterials, direktur di Functional Nanomaterials di Science and Education Center di Immanuel Kant Baltic Federal University (IKBFU), Alexander Goykhman menemukan katalis alternatif dari molibdenum sulfida.

“Material ini lebih efektif dan lebih murah daripada molibdenum biasa. Jadi, kadar molibdenum untuk katalis ini dikurangi, sementara material sulfur mudah ditemukan dan sangat murah,” ujar Goykhman dikutip dari Eurekalert, Jumat (21/2/2020).

Gikhman menyebut material ini dibuat di Moskow National Nuclear Research University dan peneliti di IKBFU tengah meneliti sulfur untuk mencari tahu apakah sulfur memiliki parameter yang dibutuhkan atau tidak.

“Biasanya kami menumbuhkan struktur nano dan rekan-rekan kami di Moskow mempelajarinya. Namun dalam kasus ini, peran kami terbalik. Terlepas dari itu, strukturnya baik-baik saja dan sepenuhnya memenuhi ekspektasi kami. Kami telah berhasil mendapatkan yang terbaik untuk proses katalis molibdenum sulfida,” kata Gouchman.

Dikutip dari beberapa sumber

 

Editor  : ws

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close