BisnisPerikananRegional

Camat Periuk Ajak Warga Tebar Ribuan Benih Ikan

Bimata, Tangerang- Camat Periuk Maryono Hasan, mengajak warganya untuk bersama-sama menebar ribuan benih ikan lele dan nila di Situ Bulakan, Rabu (19/2). Sedikitnya 5000 bibit ikan disebar di danau yang terletak di wilayah Kecamatan Periuk tersebut.

Salah satu manfaat ditebarnya benih ikan menurut Maryono, yaitu untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat. Setelah sebelumnya banjir besar melanda wilayah Kecamatan Periuk.

“Kami mengajak masyarakat agar bisa meningkatkan perekonomi. Khususnya warga yang memang memiliki mata pencaharian dengan membudidayakan ikan,” kata Maryono.

Ia menyebut, sengaja mengundang seluruh jajaran pada kegiatan tabur benih ikan. Mulai dari aparatur kecamatan, kelurahan, unsur muspika, forum RT/RW, ormas dan lainnya.  

“Benih dan bibitnya ikan kami dapat dari Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang,” imbuhnya. Pada kesempatan itu, Maryono mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga kebersihan serta kelestarian Situ Bulakan.

“Sebisa mungkin, pastinya kami juga akan turut membantu dan menjaga sesuai peraturan daerah yang berlaku. Supaya fungsi danau sebagai sumber air cadangan dan daerah resapan dapat terus dipertahankan,” tukas Maryono.

Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang Abduh Surahman menjelaskan, pihaknya sengaja menyediakan bibit ikan untuk membantu masyarakat pasca banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.

“Kami hanya menyediakan bibitnya saja, dan semuanya itu hasil dari budi daya yang kami kembangkan di tiap-tiap wilayah di Kota Tangerang. Semoga benih ikan ini bisa nembantu masyarakat Kecamatan Periuk,” jelas Abduh.

Abduh menambahkan, dalam kurun waktu sebulan mendatang, ikan-ikan yang tebar sudah memiliki ukuran fisik tubuh yang cukup besar. Sehingga bisa menjadi daya tarik rekreasi bagi masyarakat sekitar.

“Keberadaan ribuan ikan di Situ Bulakan, diharapkan bisa menjadi tontonan menarik bagi warga. Kalau pun mau dipancing, kan hasilnya bisa buat dikonsumsi. Seperti kita ketahui, daging ikan banyak mengandung gizi dan protein,” tandas Abduh.

Sumber: beritatangerang.id 
Editor: F.I

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close