GawaiPeranti

Ada Tambahan Terjemahan Bahasa Dari Lima Negara Pada Google Translate

Sejak 2016 lalu Google Translate tidak menambah terjemahan bahasa di Dunia. Namun pada tahun 2020 ini Google kembali mengumumkan bahwa pada Google Translate sudah menambah 5 bahasa di Dunia.

Kelima bahasa yang ditambahkan pada Google Translate antara lain Kinyarwanda (Rwanda), Odia (India), Tata, Turkmen, dan Uyghur.

Karena China memblokir layanan Google di Uyghur, bisa dipastikan warga di sana akan kesulitan untuk mengakses layanan ini.

 Kendati demikian, ini diharapkan bisa menjadi salah satu cara orang-orang di dunia agar bisa mengenal budaya Uyghur, termasuk bahasa.

Selain penambahan lima bahasa baru, terjemahan online ini juga mendukung input keyboard virtual untuk Kinyarwanda, Tatar, dan Uyghur.

Dengan adanya tambahan lima bahasa ini, jumlah bahasa yang bisa diterjemahkan Google Translate menjadi 108. Memang, angka tersebut masih sebagian kecil dibandingkan bahasa di Bumi yang berjumlah ribuan.

Sebagaimana lansiran laman Endgadget dan suara.com, Jumat (28/2/2020), Ethnologue mencatat bahwa di muka Bumi ini terdapat sekitar 7.117 bahasa yang diucapkan manusia yang tersebar di penjuru dunia.

Tak hanya menambahkan bahasa dari luar negeri, sejumlah bahasa daerah Indonesia juga sudah ditambahkan pada Google Translate, beberapa tahun lalu. Selain terjemahan bahasa Indonesia, Google juga telah mentranslasi bahasa daerah di Indonesia, seperti Sunda, Jawa, dan juga Aceh. Bahkan, alih bahasa daerah ini juga bisa digunakan lewat Google Translate Image.

Sumber: dara
Editor: Dony R.

Tags

Tulisan terkait

Bimata
Close